PENGARUH PENGARUH SUKUK, REKSADANA DAN SAHAM SYARIAH TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA TAHUN 2017-2020

PENGARUH SUKUK, REKSADANA DAN SAHAM SYARIAH TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA TAHUN 2017-2020

Authors

  • Maria Ulfa Universitas Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Nadia

Keywords:

Sukuk, Reksadana, saham Syariah

Abstract

Jurnal dengan judul “Pengaruh Sukuk, Reksadana Dan Saham Syariah Terhadap Laju Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia tahun 2017-2020” ini ditulis oleh Maria Ulfa NIM. 12406183025 dengan dosen pembimbing Nadia Roosmalitasari, S.Pd., M.Kom.
Pesatnya pertumbuhan bisnis pasar modal syariah menjadi latar belakang penelitian ini sebagai salah satu media bagi investor dan masyarakat global, khususnya negara Indonesia, untuk terus berinvestasi. Industri ini merupakan aspek integral dari ekonomi suau negara. Akibatnya, pasar modal dipandang sebagai instrumen yang harus dilaksanakan dan dikembangkan agar dapat memenuhi peran pentingnya dalam perekonomian Indonesia.
Secara parsial dan bersamaan, penelitian ini akan melihat dan menguji bagaimana pengaruh Sukuk, reksa dana, dan Saham Syariah terhadap perkembangan ekonomi Indonesia. Temuan studi ini seharusnya berguna dalam meningkatkan minat investor terhadap pasar modal syariah melalui pengembangan literasi evaluasi.
Pendekatan kuantitatif digunakan dalam Penelitian ini, dengan data sekunder diperoleh melalui dokumen dan dimasukkan ke dalam program SPSS. Skala likert digunakan untuk mengumpulkan data dalam hal ini. Regresi linier berganda dengan validitas, rabilitas, normalitas, asumsi klasik, hipotesis, dan uji koefisien determinasi adalah metode analisis data yang digunakan dalam karya ini.
Analisis ini menunjukkan bahwa (1) Sukuk memiliki Pengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. (2) Reksa dana syariah memiliki dampak negatif dan tidak signifikan terhadap kemajuan ekonomi Indonesia. (3) Saham syariah memiliki Prngaruh positif dan Tidak Signifikan terhadap tingkat pertumbuhan ekonomi Di Indonesia. (4) Variabel X Serentak bersama-sama Berpengaruh Signifikan Terhadap Laju pertumbuhan Ekonomi di Indonesia.

References

Abdallah, I. (2018). Pasar Modal Syariah. PT. Elex Media Komputindo.

Amanda, P. S., Triadi.A, M. A., & Jalaluddin. (2021). Pengaruh Saham Syariah, Obligasi Syariah dan Reksadana Syariah yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Jurnal Dimamu, 1(1), 76–84. https://doi.org/10.32627

Arthesa, A., & Handiman, E. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank. Indeks.

Aziz, A. (2010). Manajemen Investasi Syaria. Alfabeta.

Burhanuddin. (2010). Aspek Hukum Lembaga Keuangan Syariah. Graha Ilmu.

Darwin, M. dkk. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. CV. Media Sains Indonesia.

Fajar, F., Rizali, & Rahmini, N. (2022). Kontribusi Saham Syariah, Sukuk, Reksadana Syariah Dan Saham Konvensional Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional. 4(1).

Huda, N. dkk. (2017). Ekonomi Pembangunan Islam. Kencana.

Irawan, & Siregar, Z. A. (2019). Pengaruh Saham Syariah, Sukuk dan Reksadana Syariah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. 2(1). www.ojk.go.id

Kasnelly, S. (2021). Sukuk Dalam Perkembangan Keuangan Syariah Di Indonesia. Atualita Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan , 11(1). www.ejournal.an-nadwah.ac.id

Lestari, E. (2008). Perbandingan Pasar Modal Syariah dan Konvensional di Indonesia: Pendekatan Volalitas.

Rahmania, L., Purnomo, A., & Zakiyah. (n.d.). Pengaruh Sukuk Dan Reksadana Syari’ah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional Periode 2014-2019.

Ridwan. (1999). Dasar Dasar Statistika. Alfabeta.

Soemantri, A. (2014). Masa Depan Pasar Modal Syariah Di Indonesia. Kencana.

Soemitra, A. (2009). Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah. Prenada Media.

Sukirno, S. (2011). Makroekonomi Teori Pengantar. PT. Raja Grafindo Perseda.

Wiratna, V. S. (2008). Belajar Mudah SPSS untuk Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi & Umum. Global Media Informasi.

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Ulfa, M., & Roosmalitasari, N. (2022). PENGARUH PENGARUH SUKUK, REKSADANA DAN SAHAM SYARIAH TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA TAHUN 2017-2020: PENGARUH SUKUK, REKSADANA DAN SAHAM SYARIAH TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA TAHUN 2017-2020. JEMBA: JURNAL EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI, 1(4), 555–568. Retrieved from https://bajangjournal.com/index.php/JEMBA/article/view/2511

Issue

Section

Articles