ANALISA PENGARUH KINERJA MANDOR TERHADAP KUALITAS PROYEK KONSTRUKSI DI KOTA TARAKAN

Authors

  • Eko Prihartanto Universitas Borneo Tarakan
  • Iif Ahmad Syarif Universitas Borneo Tarakan
  • Edy Utomo Universitas Borneo Tarakan

DOI:

https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalaindonesia.v1i3.603

Keywords:

Mandor, Kota Tarakan, Pembangunan

Abstract

Kota Tarakan merupakan Kota yang berkembang akan pembangunan yang mana kota ini terdapat pembangunan yang banyak sehingga membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kualitas dalam mengelolah pembangunan.  Untuk meningkatkan kualitas pada suatu pembangunan proyek kontruksi  maka  pertimbangan untuk menentukan  para pekerja  dengan kualitas yang baik sangat diperlukan, oleh karena itu sebelum memulai pembangunan proyek kontruksi maka diperlukan seleksi yang  dilakukan oleh kontraktor terhadap pekerja mandor yang mana ini penting agar mandor yang dipilih memiliki kualitas yang baik. Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan ialah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan skala likert. Adapun tempat dan waktu penelitian ialah di Proyek Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Kawasan Karang Rejo Kota Tarakan. Data yang digunakan ialah data kinerja mandor pada proyek konstruksi di Kota Tarakan dengan aspek kinerja mandor yang dilihat ialah kemampuan kerja, partisipasi, work fasilitation, bias, memberi contoh pengalaman terhadap kualitas proyek konstruksi di Kota Tarakan.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah indikator yang paling berpengaruh terhadap Kualitas Pekerjaan Konstruksi di Kota Tarakan ialah pada Faktor Kemampuan kerja adalah mandor membaca dan memahami gambar kerja, Mampu dan terampil dalam melakukan pekerjaannya, Mampu mengorganisasikan bahan dengan baik dan Mampu mengngoorganisasikan alat dengan baik, mampu memecahkan permasalahan yang terjadi dilapangan.

References

Dewi, A.A Diah Parami. 2016. Analisa Aspek Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pada Proyek Konstruksi di Kabupaten Badung. Vol 20, No 2 :103-109.

Mandagi, Robert J.M. 2019 . Model Risiko Pengelolaan SDM Konstruksi Dalam International Joint Operation Pada Proyek Infrastruktur Jalan Tol Manado-Bitung. Vol 7, No 1 : 113-126

Mulyadi, Lalu. 2014.Evaluasi Pengaruh Kinerja Mandor Terhadap Kualitas Pekerjaan Pembangunan Gedung di Kabupaten Malang. Jurnal Info Manpro Vol 5, No. : 1-12.

Musthofa. 2015. Analisa Pengaruh Kinerja Mandor Terhadap Kualitas Proyek Konstruksi Di Kota Tuban. Jurnal Teknik Sipil. Vol 8, No. 2 : 149-162.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Zainullah, Amin. 2012. Pengaruh Upah, Kemampuan, dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Pekerja Pelaksanaan Bekisting pada Pekerjaan Beton. Vol 6, No 2 :125-133.

Downloads

Published

25-11-2021

Issue

Section

Articles