ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN KOPERASI SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus pada Koperasi Mahasiswa Universitas Tidar)

Authors

  • Sobikhatur Rojabiyah Universitas Tidar

Keywords:

Pandemi COVID-19, Rasio Keuangan, Kinerja Keuangan

Abstract

Pandemi COVID-19 telah membawa dampak bagi berbagai sendi kehidupan, salah satunya terhadap dunia ekonomi dan bisnis. Mereka dituntut untuk dapat melanjutkan dan mempertahankan kelangsungan bisnisnya. Hal ini juga terjadi pada unit bisnis Koperasi Mahasiswa Universitas Tidar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis rasio keuangan guna melihat kinerja keuangan Koperasi Mahasiswa Universitas Tidar sebelum dan saat pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Data bersumber dari laporan laba rugi dan neraca 2019 untuk periode sebelum pandemi COVID-19 dan 2020 untuk periode saat pandemi COVID-19. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dari sisi likuiditas, quick ratio dan current ratio terjadi dampak negativ pandemi COVID-19. Sebaliknya, jika dilihat dari net working capital to total assets ratio perusahaan mengalami dampak negativ dari pandemi COVID-19. Dari sisi profitabilitas, perusahaan mengalami dampak negativ akibat pandemi COVID-19. Hal ini terlihat dari adanya penurunan profit margin, return on equity, dan return on assets. Dari sisi leverage, perusahaan mengalami dampak negativ dari pandemi COVID-19 yang dibuktikan dengan penurunan debt to total asssets ratio dan debt tot total equity ratio. Sedangkan dari sisi efisiensi, semua rasio efisiensi mengalami penurunan yang berarti perusahaan mengalami dampak negativ pandemi COVID-19 yaitu rasio perputaran aktiva tetap, rasio perputaran piutang, rasio perputaran piutang, dan rasio perputaran persediaan.

References

Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Junal Brand.

Braley, d. (2007). Dasar-Dasar Manajemen keuangan Perusahaan. Diterjemahkan Oleh: Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Harjito, A., & Martono. (2011). Manajemen Keuangan Edisi ke 2. Yogyakarta: Ekonisia.

M. Hanafi, M., & Halim, A. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Munawir. (2002). Analisis Laporan Keuangan, Edisi Keempat. Yogyakarta: Liberty.

Pakpahan, A. K. (2020). Covid 19 dan Implikasi bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasioanl: Edisi Khusus.

Putri, B. G., & Munfaqiroh, S. (2015). Analisis Rasio Keuangan untuk Mengukur Kinerja Keuangan. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial.

Putri, B. G., & Munfaqiroh, S. (2020). Analisis Rasio Keuangan untuk Mengukur Kinerja Keuangan . Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial .

Riduan, N. W., Anggarani, D., & Zainudin. (2021). Analisis Rasio Keuangan untuk Mengukur Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Saat Pandemi Covid 19 pada PT Semen Indonesia Persero Tbk. Conference on Economic and Business Innovation.

Subramanyam. (2017). Analisis Laporan Keuangan Financial Statement Analysis Edisi 11 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Subramanyan. (2017). Analisis Laporan Keuangan Financial Statement Analysis Edisi 11 Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Sumarni, Y. (2020). Pandemi Covid-19: Tantangan Ekonomi dan Bisnis. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah.

Susianti, I. (2018). Analisis Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan. Simkl-Economic.

Tidar, K. M. (2019). Laporan Keuangan Tahunan Koperasi Mahasiswa Universitas Tidar.

Tidar, K. M. (2020). Laporan Keuangan Tahunan Koperasi Mahasiswa Universitas Tidar.

Untidar, K. (n.d.). kopma.untidar.ac.id.

Downloads

Published

24-12-2021

Issue

Section

Articles