OPTIMALISASI PENJUALAN UMKM LAMBAN KELOR BULOK PASCA PANDEMI COVID-19 BERBASIS TEKNOLOGI DAN BISNIS

Authors

  • Ketut Artaye Fakultas Ilmu Komputer, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Hariyanto Wibowo Fakultas Ilmu Komputer, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Dedek Sandika Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

Keywords:

Optimasilisasi, UMKM, Lamban Kelor, Berbasis Teknologi dan Bisnis

Abstract

Tren pemanfaatan digitalisasi pada UMKM terus menunjukkan peningkatan pada beberapa tahun terakhir, terlebih pada era pandemi Covid-19, meski masih terdapat ruang percepatan dan optimalisasi digitalisasi terutama pada aspek kemampuan sumberdaya manusia UMKM dan infrastruktur pendukung yang perlu ditingkatkan. Hal tersebut mengingat pelaku UMKM yang telah memiliki akses terhadap ekosistem digital belum tentu memiliki pemahaman yang kuat dalam pemanfaatan digitalisasi untuk mengembangkan kegiatan usaha. Adaptasi dan transformasi UMKM dalam pemanfaatan digitalisasi akan mendorong pembentukan UMKM yang tidak hanya lebih resilien, namun juga lebih maju dan kuat.

Oleh karena itu pengabdian masyarakat tahun 2022 ini difokuskan pada optimalisasi penjualan pada UMKM Lamban Kelor Bulok Pasca Pandemi Covid-19 Berbasis Teknologi dan Bisnis, melalui metode konsultasi tentang pemanfaatan teknologi dan bisnis serta pendampingan aplikasi platform yang akan digunakan dalam proses digitalisasi UMKM. Kegiatan pengabdian yang dilakukan mampu meningkatkan pemahaman dan skill pelaku UMKM Lamban Kelor Bulok dalam proses digitalisasi dan pemanfaat media sosial sebagai salah satu upaya peningkatan penjualan.

References

Varela, Gonzalo J. (2015), Openness, Growth, and Productivity in Indonesia’s Development Agenda, World Bank Policy Note 1.

Laporan Perekonomi Indonesia 2020. BAB VI “Trasformasi UMKM untuk pertumbuhan ekonomi yang inklusif”. (Halaman 110).

Irjayanti, M. dan Azis, A.M. (2012), Barrier Factors and Potential Solutions for Indonesian SMEs. Procedia Econ. Finance 2012.

BPS, (2019), Potensi Peningkatan Kinerja Usaha Mikro Kecil, Analisis Hasil Sensus Ekonomi 2016.

KPBI Provinsi Lampung (2022), Hasil Laporan Perekonomian Provinsi Lampung, Triwulan IV 2021, Vol. 18 No.1

Rachmawaty, A. (2021). Optimasi Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan di Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 8(1), 29-44.

Downloads

Published

2022-08-10

How to Cite

Ketut Artaye, Hariyanto Wibowo, & Dedek Sandika. (2022). OPTIMALISASI PENJUALAN UMKM LAMBAN KELOR BULOK PASCA PANDEMI COVID-19 BERBASIS TEKNOLOGI DAN BISNIS. JURNAL PENGABDIAN MANDIRI, 1(8), 1345–1350. Retrieved from https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/3149

Issue

Section

Articles