EDUKASI BUDIDAYA AYAM PETELUR KANDANG TERBUKA (OPEN HOUSE) DI BLANG BINTANG

Authors

  • Edy Fradinata Universitas Syiahkuala
  • Aman Yaman Universitas Syiahkuala
  • Dasrul Dasrul Universitas Syiahkuala

Keywords:

impor telur, provinsi aceh, Blang Bintang, ayam petelur

Abstract

Provinsi Aceh saat ini masih melakukan impor telur ayam dari provinsi Sumatera Utara (Medan) karena belum mampu melakukan innovasi mengembangkan ayam petelur. Untuk keluar dari ketergantungan telur Medan maka tidak ada cara lain Pemda Aceh harus berani melakukan investasi besar untuk mengembangkan produksi telur. Kebutuhan telur untuk provinsi Aceh adalah 1-2 juta/hari namun tidak kurang dari 70 - 90% masih dipasok dari kota Medan. Dari data ini, peluang bisnis di bidang ini sangat menggiurkan dan berpotensi ROI yang singkat. Dinas Peternakan Aceh melalui UPTD Balai Ternak Non-Ruminansia ikut mengelola peternakan ayam petelur kandang terbuka (open house) di Aceh. Dari industri yang dikelola pemerintah, saat ini baru mampu menghasilkan sekitar 20 ribu butir telur ayam perharinya, (2020). Untuk tahun-tahun sekarang menjadi masalah dikarenakan jumlah pakan jagung yang dipasok dari kota Medan berkurang dan tidak pasti, karena dalam perencanaannya pakan akan disupply dari pabrik yang ada di Blang Bintang. Dengan kapasitas 8 – 15 ton/hari untuk memenuhi 20 kandang yang ada di Lokasi. Dalam satu kandang terdapat 5000 ekor ayam petelur dan pada tahun 2020 hanya 7 kandang yang aktif. Ayam petelur periode produksi merupakan ayam petelur yang telah berusia 15 – 96 minggu. Saat ini, ayam di kandang Blang Bintang dalam posisi usia afkir. Selain di sana, mereka juga mengelola kandang di Sare dengan sistem closed. Telur yang dijual ke masyarakat dengan harga lebih murah dari harga pasar

References

Bell, D. D., Weaver, W. D., & North, M. O. (2002). Commercial chicken meat and egg production: Springer Science & Business Media.

Fradinata, E., & Yaman, A. (2021). Pemanfaatan Limbah Kotoran Ayam Broiller di Aceh Jaya. Jurnal Pengabdian Aceh, 1(3), 90-97.

Gading, J. F., Indra, I., & Fajri, F. (2019). Evaluasi Kelayakan Usaha Peternakan Ayam Ras Petelur di UPTD. Balai Ternak Non Ruminansia Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 4(4), 141-150.

Paganelli, C. V., Olszowka, A., & Ar, A. (1974). The avian egg: surface area, volume, and density. The condor, 76(3), 319-325.

Statistik, B. P. (2004). Indikator ekonomi. Jakarta, beberapa terbitan.

Downloads

Published

2022-08-10

How to Cite

Edy Fradinata, Aman Yaman, & Dasrul Dasrul. (2022). EDUKASI BUDIDAYA AYAM PETELUR KANDANG TERBUKA (OPEN HOUSE) DI BLANG BINTANG. JURNAL PENGABDIAN MANDIRI, 1(8), 1405–1412. Retrieved from https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/3156

Issue

Section

Articles