PENDAMPINGAN PENGOLAHAN LIMBAH HASIL PROSES PRODUKSI PERIKANAN BERBASIS ZERO WASTE UNTUK MENGURANGI PENCEMARAN PERAIRAN DI DUSUN TAPAK, KELURAHAN TUGUREJO, KECAMATAN TUGU, KOTA SEMARANG

Authors

  • Galih Arum Puspitaningtyas Aji Pangastuti Universitas Diponegoro, Semarang
  • Suryanti Suryanti Universitas Diponegoro, Semarang
  • Royhan Maulana Universitas Diponegoro, Semarang
  • Arinda Rosari Universitas Diponegoro, Semarang
  • Galuh Yuanita Maira Universitas Diponegoro, Semarang
  • Agfia Rizkmaylia Universitas Diponegoro, Semarang

Keywords:

Limbah, Zero waste, Perikanan

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran terhadap lingkungan masyarakat Dusun Tapak, agar pencemaran yang terjadi di Dusun Tapak berkurang atau bahkan tidak ada lagi. Selain itu juga untuk memupuk jiwa kreatif masyarakat Dusun Tapak untuk melakukan diversifikasi terhadap produk-produk yang mereka olah. Metode pengabdian dilakukan dengan metode assesment yang terdiri dari survei, observasi, wawancara, perencanaan dan penyuluhan yang juga dilakukan diskusi dan tanya jawab serta praktek langsung pengolahan hasil limbah produksi perikanan. Hasil kegiatan ini berupa Pupuk Organik Cair (POC), diharapkan dapat turut berkontribusi membangun pertanian Dusun Tapak. Melalui ibu-ibu dalam kelompok Putri Tirang dapat berbagi pengetahuan, mendorong masyarakat untuk pengembangan sumberdaya yang dimiliki secara berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas lingkungan mereka. Pendampingan pengolahan limbah hasil produksi perikanan ini dimaksudkan dapat memberikan motivasi bagi masyarakat dan menumbuhkan semangat mereka untuk menjaga lingkungan sekitar mereka agar kesehatan dan keestetikan lingkungan selalu terjaga.

References

Putri, S. I., D. Satyanegara dan W. N. B. Pertiwi. 2020. Pengembangan Produk Olahan Ikan Bandeng di Desa Sukamanah. JASINTEK., 2(1):1-7.

Sugito., A. Prahutama, Tarno dan A. Hoyyi. 2019. Diversifikasi Olahan Ikan Bandeng olehUKM Primadona dalam Program Pengabdian IbPE 2016-2018. E-DIMAS., 10(1):100-104.

Yusra, Y., M.Ulfah dan D. Mufti. 2021. Inovasi Konsep Zero Waste Pada Kelompok Pengolah Ikan di Kelurahan Pasia Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Jurnal Vokasi., 5(2):97-103.

Downloads

Published

2022-11-24

How to Cite

Galih Arum Puspitaningtyas Aji Pangastuti, Suryanti Suryanti, Royhan Maulana, Arinda Rosari, Galuh Yuanita Maira, & Agfia Rizkmaylia. (2022). PENDAMPINGAN PENGOLAHAN LIMBAH HASIL PROSES PRODUKSI PERIKANAN BERBASIS ZERO WASTE UNTUK MENGURANGI PENCEMARAN PERAIRAN DI DUSUN TAPAK, KELURAHAN TUGUREJO, KECAMATAN TUGU, KOTA SEMARANG. JURNAL PENGABDIAN MANDIRI, 1(11), 2157–2164. Retrieved from https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/4058

Issue

Section

Articles