EDUKASI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN MELALUI GRAVITY MODEL DI DESA PAHLAWAN KABUPATEN BATUBARA

Authors

  • Diwayana Putri Nasution Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Ade Novalina Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Lia Nazliana Nasution Universitas Pembangunan Panca Budi Medan

Keywords:

pendapatan, gravity model

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman masyarakat tentang teori gravity model dan kaitannya pada peningakatan pendapatan masyarakat melalui inovasi dan ekspor ikan di Desa Pahlawan Kabupaten Batubara. Objek penelitian ini adalah masyarakat Desa Pahlawan Kabupaten Batubara. Penelitian ini bersifat komparatif yang membandingkan bagaimanakah pemahaman masyarakat sebelum dan sesudah memperoleh edukasi tentang teori gravity model. Pengabdian ini merupakan pengembangan dari penelitian penulis dengan menggunakan metode Vector Autoregression (VAR).

References

Asih, S. (2005).“Analisis Ekonomi Perkembangan Ekspor Pulp dan Kertas Indonesia dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi”.Skripsi.Departemen Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan.Fakultas Ekonomi dan Manajemen.Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Badan Pusat Statistik. Statistik Volume dan Ekspor elektronik Tahun. 2015. Jakarta.

Boediono. (2000) “Teori perdagangan internasional.Darwins (2012)” Pengaruh jumlah produksi dan jumlah permintaan ekspor karet indonesia terhadap ke Belgia.”

Derry pranata (2015).”Analisis pendekatan gravity model dalam memprediksi determinan ekspor kertas indonesia.”Skripsi Departemen ilmu ekonomi dan studi manajemen fakultas ekonomi dan manajemen. Universitas Pembangunan Panca Budi.

Dian Cahyono (2004)” AnalisisFaktor-faktorYang Mempengaruhi Permintaan Tembakau Olahan Indonesia Oleh Singapura 1986-2002”.

Fristy (2013) dalam jurnal penelitiannya EMBA.Vol.1 no 3 2013:971-980 yang berjudul “analisis fluktuasi valuta asing Rp/USD pengaruhnya terhadap volume Ekspor di sulawesi Utara “.

Gonarsyah, I. (1987). Landasan Perdagangan Internasional. Departemen Ilmu- ilmu Sosial.

Hanke, J.E, Wichern, D.W. dan Reitsch, A.G. (2003). Peramalan Bisnis. Edisi Ketujuh. Prenhalindo. Jakarta.

Hendra Putra (2010)” faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor Coklat Indonesia ke Amerikat”.

Hidayat, Rahmat., Nur Subiantoro, dan Rusiadi. Metode Penelitian.Medan : USU Press.

Mankiw, G. (2000). Teori Makroekonomi. Edisi Keempat. Penerbit Erlangga.Jakarta.

Nachrowi D, Nachrowi dan Usman Hardius. (2006). Ekonometrika.Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Ningrum, A. (2006). Analisis Permintaan Ekspor Pulp dan Kertas Indonesia.Skripsi. Departemen Ilmu Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen.Institut Pertanian Bogor.

Noviyanti, E.(2007). “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ekspor Ikan Hias Indonesia”. Program Sarjana Ekstensi Manajemen Agribisnis. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Salvatore, D. 1997. Ekonomi Internasional. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Soraya, Baida. (2013). “Analisis Determinan Ekspor Karet Indonesia Dengan Pendekatan Grafity Model”.Skripsi.Medan : Univ. Budi Darma.

Sunenti.(2005). Analisis Perdagangan dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ekspor Meubel Rotan di Indonesia.Skripsi. Departemen Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Syahrianengsih (2010)” Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ekspor kopi Indonesia ke Amerika Serikat.”

Sobri. (2000) .”Teori perdagangan internasional.

Tua Lorensius (2008)” faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor CPO Indonesia ke Amerika Serikat.”

Turnip, C. (2002).Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Ekspor dan Aliran Perdagangan Kopi Indonesia.Skripsi.Departemen Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Yossi Nofriyanti (2008:141)” faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor kayu olahan di Sumatera Barat”.

Yunita.(2006). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Aliran Perdagangan Biji Kakao Indonesia. Program Sarjana Ekstensi Manajemen Agribisnis. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Downloads

Published

2022-11-24

How to Cite

Diwayana Putri Nasution, Ade Novalina, & Lia Nazliana Nasution. (2022). EDUKASI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN MELALUI GRAVITY MODEL DI DESA PAHLAWAN KABUPATEN BATUBARA. JURNAL PENGABDIAN MANDIRI, 1(11), 2239–2244. Retrieved from https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/4068

Issue

Section

Articles