PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM KEPEMILIKAN JAMBAN KELUARGA DI DESA KEMBANG AYUN WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIDODADI KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Authors

  • Jubaidi Jubaidi Poltekkes Kemenkes Bengkulu
  • Mualim Mualim Poltekkes Kemenkes Bengkulu
  • Agus Widada Poltekkes Kemenkes Bengkulu
  • Andriana Marwanto Poltekkes Kemenkes Bengkulu
  • Dino Sumaryono Poltekkes Kemenkes Bengkulz
  • Dina Oktafia Puskesmas Sidodadi Kabupaten Bengkulu Tengah

Keywords:

Jamban keluarga, BAB, Pemicuan

Abstract

Tingginya prevalensi diare di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah diantaranya disebabkan karena akses air bersihnya masih kurang, sebanyak 27,4% sarana Air Bersih/Sumur Gali tidak menuhi syarat. Sebanyak 35% rumah tangga masih buang air sembarangan, hal ini dapat kita lihat penduduk sebagian besar mempunyai WC tetapi tidak mempunyai septictank. WC langsung dialirkan kesungai yang ada didekat rumah. Buang Air Besar Sembarangan (BABS) merupakan salah satu faktor yang memicu tingginya kasus diare. Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat adalah melakukan pemicuan dan pendampingan kepada masyarakat untuk meningkatkan kepemilikan Jamban Keluarga di Rumah Tangga dan dapat mendeklarasikan desa Kembang Ayun Wilayah Puskesmas Sidodadi Bebas Dari Buang Sembarangan/ODF. Metode yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah dengan memberikan pemberdayaan masyarakat, pemicuan dan memberikan stimulan kepada masyarakat untuk membangun jamban keluarga secara mandiri. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah sebanyak 29 KK telah membangun dan memanfaatkan jamban keluarga. Untuk keberlanjutan kegiatan ini masyarakat diharapkan menerapkan perilaku PHBS dan memanfaatkan jamban keluarga yang telah dibuat.

References

Depkes RI. 2008. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 852/MENKES/SK/IX/2008 Tentang Strategi Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Jakarta.

_________. 2009. Seri Perilaku Hisup Bersih Dan Sehat Di Rumah Tangga.

Depkes RI Pusat Promosi Kesehatan

_________. 2011. Buku Saku Petugas Kesehatan Lintas Diare. Jakarta: Direktorat Jendral Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan.

_________.2011. Panduan Sosialisasi Tatalaksana Diare Balita. Jakarta :Direktorat Jendral Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan.

_________. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Jakarta.

Pukesmas Didodadi. 2019. Laporan Tahunan Puskesmas Sidodadi desa Kembang Ayun Tahun 2019.

Kemenkes. Road Map Percepatan Program STBM 2013-2015. Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan; 2013.

WSP. Economic Impact of Sanitation in Indonesia. Indonesia: The World Bank; 2008.

Sah S, Negussie A. Community led total sanitation (CLTS) : Addressing the challenges of scale and sustainability in rural Africa. Desalination. Elsevier B.V.; 2009.

Kemenkes RI. Kurikulum dan Modul Pelatihan STBM bagi Dosen Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan di Indonesia. Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan; 2013.

Downloads

Published

2023-01-11

How to Cite

Jubaidi Jubaidi, Mualim Mualim, Agus Widada, Andriana Marwanto, Dino Sumaryono, & Dina Oktafia. (2023). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM KEPEMILIKAN JAMBAN KELUARGA DI DESA KEMBANG AYUN WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIDODADI KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH. JURNAL PENGABDIAN MANDIRI, 2(1), 181–188. Retrieved from https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/4680

Issue

Section

Articles